35. Apakah ada batas maksimum pengambilan mata pelajaran
pilihan untuk SMA?
Total jam pelajaran (JP) per minggunya
dialokasikan 42-47 JP, termasuk mata pelajaran pilihan. Alokasi mata pelajaran
pilihan terdiri dari 20-25 JP. Mata pelajaran dari kelompok MIPA, IPS, dan
Bahasa dan Budaya memiliki alokasi masing-masing 5 JP, mata pelajaran Prakarya
dan Kewirausahaan 2 JP, dan maksimal 5 JP untuk mata pelajaran Vokasi. Peserta
didik memilih 4-5 mata pelajaran dari minimal dua kelompok mata pelajaran
pilihan (maksimal mata pelajaran pilihan yang diambil dari satu kelompok mata
pelajaran pilihan adalah 3 mata pelajaran.
36. Kapan sebaiknya mengarahkan pemilihan mata pelajaran untuk pemilihan fakultas masuk ke Perguruan Tinggi?
Pemilihan mata pelajaran sebaiknya sudah
mulai diarahkan sejak kelas X sesuai dengan minat dan bakat peserta didik,
namun yang perlu diperhatikan adalah perlunya diskusi dan bimbingan dengan
guru, guru Bimbingan Konseling, dan orang tua.
37. Apakah
yang dimaksud dengan unit inkuiri pada kelas X?
Unit inkuiri adalah kegiatan pembelajaran
yang memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah
yang ada di lingkungan sekitar, dari sudut pandang berbagai mata pelajaran pada
kelompok mata pelajaran IPA dan IPS dengan menggunakan metode inkuiri.
38. Komponen
pembelajaran apa yang berubah di SMK?
a. Spektrum
keahlian disesuaikan dengan kondisi dunia kerja. Ada 10 bidang keahlian dan 50
program keahlian.
b. Struktur
kurikulum terdiri dari dua kelompok yaitu A. Umum, B. Kejuruan. Waktu Praktik
Kerja Lapangan adalah 6 bulan di kelas XII pada SMK program 3 tahun dan minimal
10 bulan di kelas XIII pada SMK program 4 tahun.
c. Pembelajaran
boleh disampaikan dengan menggunakan sistem Blok, dengan model belajar project based learning dan proporsi jam
pelajaran yang disesuaikan dengan program keahlian
d. Bahan
ajar digunakan untuk mendukung pembelajaran dan pelatihan terhadap kompetensi
yang ada di dunia kerja
e. Guru
yang mengajar diarahkan agar memiliki kompetensi setara dengan kompetensi yang
dibutuhkan dunia kerja. Instruktur dunia kerja juga didorong untuk ikut mengajar.
f. Sarana
dan prasarana diarahkan agar dilakukan analisis benchmarking sesuai dengan kebutuhan dunia kerja
39. Apa yang berubah pada spektrum keahlian
SMK?
Jumlah Bidang Keahlian menjadi 10 dan
dibagi menjadi 50 Program Keahlian. Kompetensi Keahlian tidak lagi masuk ke
dalam Spektrum Keahlian.
40. Apakah
satuan pendidikan diberi kebebasan membuka konsentrasi keahlian?
Capaian Pembelajaran (CP) pada level
konsentrasi keahlian adalah kompetensi minimum pada keahlian tersebut. SMK dan
mitra dunia kerja dapat mengembangkan tujuan pembelajaran sesuai dengan konteks
ketenagakerjaan dalam dunia kerja tersebut.
41. Apa yang berubah pada struktur kurikulum
SMK?
Struktur kurikulum pada SMK berubah pada
mata pelajaran. Mata pelajaran yang semula diorganisasikan dalam 3 (tiga)
kelompok, yaitu: muatan nasional, muatan kewilayahan, dan muatan peminatan
kejuruan disederhanakan menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok umum dan
kelompok kejuruan.
Kelompok umum adalah kelompok mata
pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi utuh, sesuai
dengan fase perkembangan, berkaitan dengan norma-norma kehidupan baik sebagai
makhluk yang berketuhanan Yang Maha Esa, individu, sosial, warga Negara
Kesatuan Republik Indonesia maupun sebagai warga dunia.
Kelompok kejuruan adalah kelompok mata
pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki
kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja serta ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya.
42. Apa
yang dipelajari di mata pelajaran informatika?
Mata pelajaran Informatika berisi berbagai
kompetensi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna
menyelesaikan beragam permasalahan umum meliputi: penerapan logika proposisi,
berpikir komputasional (computational
thinking), penerapan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan sistem
komputasi, penggunaan jaringan komputer dan internet, penerapan keamanan data
dan informasi, analisis data, penerapan algoritma pemrograman, memahami dampak
sosial informatika, dan penerapan teknologi digitalisasi industri.
43. Apa
yang dipelajari di mata pelajaran projek ilmu pengetahuan alam dan sosial?
Mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial berisi muatan tentang literasi ilmu pengetahuan alam dan sosial yang
diformulasikan dalam tema-tema kehidupan yang kontekstual dan aktual.
44. Apa kegunaan Mata Pelajaran Pilihan dalam
kelompok Mata Pelajaran Kejuruan di SMK?
Mata pelajaran pilihan merupakan mata
pelajaran yang dipilih oleh peserta didik berdasarkan renjana (passion) untuk pengembangan diri, baik
untuk berwirausaha, bekerja pada bidangnya, maupun melanjutkan pendidikan.
Contohnya: Mata pelajaran Bahasa Asing selain Bahasa Inggris, Matematika, IPA,
IPS, atau mata pelajaran kejuruan lain di luar konsentrasi keahliannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar