Cara Mereset Password Akun belajar.id

Password merupakan kata yang digunakan sebagai pengaman pada suatu akun ID. Password juga biasanya digunakan untuk masuk atau login pada akun email, facebook, wordpress, internet banking, dan lain sebagainya.

Password adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang jika ingin membuat media sosial, blog, email, dan lain sebagainya. Adanya password dibutuhkan untuk menjaga keamanan agar akun kamu terhindar dari tindakan-tindakan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Secara keseluruhan, berikut adalah karakteristik utama password yang baik dan aman: 

  1. Panjangnya minimal 12 karakter. 
  2. Semakin panjang password akan semakin baik
  3. Menggunakan huruf besar dan kecil, angka dan simbol khusus.

Di tengah derasnya perkembangan teknologi, beberapa orang yang memiliki keterampilan untuk meretas dapat dengan mudah membobol password seseorang. Karena itu, penting untuk memastikan dan meningkatkan tingkat keamanan password.

Mengganti password secara berkala dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keamanan data dan informasi. Hal ini penting karena password yang tidak sering diganti membuatnya mudah diretas. Selain itu, beberapa komputer modern biasanya memiliki fitur untuk menyimpan password secara otomatis. Meskipun terkesan memudahkan, fitur simpan password otomatis justru membuat beberapa komputer menjadi lebih mudah dibobol.

Mengganti kata sandi secara berkala secara teori merupakan ide yang bagus karena memastikan seseorang tidak dapat memperoleh kata sandi Anda dan menggunakannya untuk mengintip Anda dalam jangka waktu yang lama.

Khusus di sini cara mengganti / mereset password pada akun belajar.id dapat diikuti cara sebagai berikut:

  1. Buka laman https://belajar.id kemudian arahkan ke kolom ‘Reset Password’.
  2. Masukkan data anda dengan   benar dan sesuai,lalu klik ‘Cari Akun belajar.id’.
  3. Jika akun belajar.id anda ditemukan, anda akan diminta untuk memilih cara mendapatkan kode sebelum melakukan reset password. 1) Jika memilih email, masukka email pribadi dan klik ‘Kirim Kode ke email pribadi’. 2) Jika memilih Nomor Handphone, pastikan nomor yang tertera aktif dan sesuai lalu klik ‘Kirim Kode ke Nomr Handphone’. Pastikan email dan nomor handphone yang tertera adalah data anda yang aktif. Silakan hubungi operator sekolah untuk menyesuaikan data di Dapodik jika saat ini data belum sesuai.
  4. Anda akan mendapatkan Kode OTP melalui SMS atau mendapatkan link melalui email pribadi.
  5. Masukkan kode OTP atau klik link yang ada di email pribadi anda untuk diarahkan ke laman ‘Reset Password
  6. Selanjutnya, silakan mengetik password akun belajar.id anda yang baru. Pastikan untuk mengingat dan menyimpan informasi password akun belajar.id anda di tempat yang aman.
  7. Klik Ganti Password dan password akun belajar.id anda akan terganti. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEATURED

Recent Posts

Tayangan Halaman