LKPD massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr)

Kompetensi Dasar: Menerapkan hukuk-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

Pengalaman Belajar: siswa mampu menentukan massa atom relatif dan massa atom relatif.

Massa atom relatif (bahasa Inggris: relative atomic mass, simbol: Ar) atau bobot atom (bahasa Inggris: atomic weight) adalah suatu kuantitas fisik tak berdimensi (angka saja). Dalam definisi modernnya, ia merupakan perbandingan massa rata-rata atom suatu unsur dalam suatu sampel yang diberikan terhadap satu satuan massa atom. Satuan massa atom, simbol u, didefinisikan sebagai ​1⁄12 massa satu atom karbon-12.

Massa atom dapat bervariasi (antara atom dari unsur yang sama), karena adanya berbagai isotop unsur tersebut. Karena kedua nilai dalam rasio tersebut dinyatakan dalam satuan yang sama (u), nilai yang dihasilkan tidak berdimensi; maka nilainya adalah relatif.

Massa molekul relatif (Mr) atau disebut pula massa molekul (m) adalah massa suatu molekul, yang diukur dalam satuan massa atom. Molekul berbeda dengan senyawa yang sama mungkin memiliki massa molekul yang berbeda karena mengandung isotop dari suatu unsur yang berbeda. Kuantitas terkait yakni massa molekul relatif, seperti yang didefinisikan oleh IUPAC, adalah rasio massa molekul terhadap satuan massa atom dan tidak memiliki satuan. Massa molekul dan massa molekul relatif memiliki definisi yang berbeda tetapi terkait dengan massa molar. Massa molar didefinisikan sebagai massa suatu zat yang diberikan dibagi dengan jumlah suatu zat dan dinyatakan dalam g/mol.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr) dapat dikerjakan pada link ini https://s.id/LKPD_Ar-Mr

Petunjuk:

1. buka link tersebut di atas dan kerjakan sesuai petunjuknya,

2. setelah muncul nilai lalu screenshot (SS)lah nilai yang kalian peroleh,

3. dan hasil SS kumpulkan di kolom tugas classroom.

 

Share:

2 komentar:

FEATURED

Recent Posts

Tayangan Halaman