LKPD Konsep Mol

Menurut Dalton, reaksi kimia adalah proses penataan ulang susunan atom-atom dalam suatu molekul. Diawali dari terurainya atom-aom dari suatu molekul, kemudian bergabung kembali dengan susunan yang berbeda membentuk molekul berbeda.

Dalam kenyataannya, reaksi kimia melibatkan banyak atom, molekul, atau ion yang ukurannya sangat kecil. Maka dalam menentukan ukuran jumlah partikel, para ahli kimia sepakat menggunakan satuan jumlah partikel yang disebut dengan mol. Satu mol adalah sejumlah partikel yang terkandung di dalam suatu zat yang jumlahnya sama dengan banyaknya atom yang terdapat dalam 12,00 gram C-12.

Dari percobaan yang dilakukan Joseph Locshmidth dan dibenarkan oleh Avogadro, maka banyaknya atom karbon dalam 12,00 gram C-12 adalah 6,02 x 1023 butir atom. Bilangan Avogadro atau tetapan Avogadro dan diberi lambang L (diambil dari nama Locshmidth).

1.   Massa Molar

Hubungan massa dengan jumlah partikel dinyatakan dalam massa molar, yaitu massa zat yang mengandung 1 mol zat = 6,02 x 1023 partikel zat tersebut.

Sehingga jumlah mol dapat dihitung dengan cara massa = mol x massa molar. 

2.   Volume Molar

Volume molar gas adalah volume 1 mol gas pada suhu dan tekanan tertentu. Jika pengukuran dilakukan pada keadaan stanar atau STP (Standard Temperature and Pressure), yaitu pada suhu 0oC dan tekanan 1 atm, volume molar gas disebut sebagai volume molar standar.

V = n mol x 22,4 L/mol

dengan:      V = volume gas pada 0oC, 1 atm (L)

n = jumlah mol gas (mol)

3.   Interkonversi Mol – Gram – Volume

     mol dapat difungsikan sebagai sentral (pusat), dalam arti untuk mengubah dari satuan yang satu ke dalam satuan yang lain dapat melewati satuan mol.














Baca juga  Materi Konsep Mol


Kerjakan LKPD konsep mol berikut dengan petunjuk:

1. Isilah identitas dengan benar,

2. Kerjakan dengan mengisi kotak pada masing-masing soal,

3. Setelah selesai mengerjakan, klik FINISH

4. Scroll ke atas, setelah muncul nilai, silahkan di screenshot nilai dan identitas

5. Hasil screenshot diserahkan di kolom tugas classroom

6. Link LKPD https://s.id/LKPD_KonsepMol





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEATURED

Recent Posts

Tayangan Halaman